π Tujuan :
1. Anak memahami dampak media pada pilihan anak terhadap barang yang dibelinya.
2. Anak dapat menyebut pilihan apa yang mereka ambil yang dipengaruhi oleh media. Dapat menguji apakah pilihan tersebut baik atau tidak.
1. Anak memahami dampak media pada pilihan anak terhadap barang yang dibelinya.
2. Anak dapat menyebut pilihan apa yang mereka ambil yang dipengaruhi oleh media. Dapat menguji apakah pilihan tersebut baik atau tidak.
π Ayat hafalan :
Roma 12:2
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik, yang berkenan kepada
Allah dan yang sempurna
π π£Attention Grabber:
Roma 12:2
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik, yang berkenan kepada
Allah dan yang sempurna
............
π Bahan Cerita :
Choices, Consequences (Bible.org), Cerita Bebas
Ada titik di sepanjang daerah Continental Divide di Pegunungan Rocky, Colorado, Amerika Serikat, di mana air dari sungai kecil terpisah menjadi dua bagian. Itu tidak akan menjadi masalah apabila setetes air akan ke kiri atau ke kanan. Namun hasil dari tetesan-tetesan air akan benar-benar berbeda. Satu tetes pergi ke barat dan akhirnya mengalir ke Sungai Colorado dan bermuara di Teluk California dan Samudra Pasifik. Satu tetes lain pergi ke timur sampai mengalir ke Sungai Mississippi dan ke Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik. Dua tetes air, dua tujuan yang sama sekali berbeda, tapi satu titik yang menentukan hasilnya. Itulah yang disebut dengan pilihan. Banyak pilihan dalam hidup seperti itu. Saat ini pilihan menjadi sangat beragam, ditambah lagi dengan tayangan media iklan yang menawarkan pilihan beragam. Pengaruh iklan dalam media sangat besar. Setelah melihat iklan ada makanan baru atau gadget baru maka segera anak-anak dan remaja ingin memilikinya. Sepertinya iklan-iklan itu membuat kita tidak pernah puas dengan apa yang kita punya, sehingga kita pun kurang bersyukur pada Tuhan. Jika kita membeli barang karena kita terpengaruh iklan, sedangkan kita tidak memerlukan barang tersebut, maka kita menyia-nyiakan berkat Tuhan. Bagaimana caranya kamu membuat pilihan?
Yuk kita ikuti cerita Anne berikut ini :
Anne senang sekali berkeliling di pasar swalayan. “Ma, aku mau beli ini.” Ia menunjuk sebuah shampoo. “Nanti rambutku bisa seperti model di televisi!” “Ha, ha, ha, …. Kamu tuh sudah terpengaruh iklan…” Mama tertawa. “Lho, apa iklannya bohong, Ma?” Tanya Anne sambil mengambil shampoo tsb. Mama menjawab,”Bukan bohong, tapi kita harus teliti waktu melihat iklan. Dan juga bukan berarti setiap iklan kita ikuti.” “Jadi, boleh tidak aku beli biskuit ini?” Tanya Anne lagi. “Tentu saja boleh. Shampoo kan berguna untuk membersihkan rambutmu. Lagipula shampoo-mu sudah hampir habis. Tapi bukan berarti kamu benar-benar menjadi seperti model…. Jadi kamu harus berhati-hati dalam membeli barang ya Anne…”
π Alat PERAGA:
Template Alat Peraga, klik disini.
π£ Step by Step:
- Snack time sebelum kelas dimulai - 10-15menit
- Doa bergiliran sesuai urutan abjad nama anak.
- Bernyanyi 1 Lagu dari buku kurikulum
- Firman Tuhan. Anak-anak baca bergantian dari buku kurikulum.
- Doa bergiliran sesuai urutan abjad nama anak.
- Bernyanyi 1 Lagu dari buku kurikulum
- Firman Tuhan. Anak-anak baca bergantian dari buku kurikulum.
- Aktivitas Kelas.
- Aktivitas Ayat Hafalan (Tentative tergantung jam kelas).
- Akhiri kelas dengan mengulang lagu Tema, Doa pulang.
- Aktivitas Ayat Hafalan (Tentative tergantung jam kelas).
- Akhiri kelas dengan mengulang lagu Tema, Doa pulang.
πΌπΈ Lagu :
Ku bersyukur pada-Mu o Yesusku
Atas pengorbanan-Mu kepadaku
Tiada hari tanpa mengucap syukur, sebab kasih setia-Mu padaku
Biar bumi pun bergoyang, dan langit pun bergoncang. Ku ‘kan tetap setia, pegang teguh janji-Mu Tuhanku Biar gunung pun beranjak, dan badai pun menerjang, tetapi firman-Mu tetap kekal selama-lamanya.
Ku bersyukur pada-Mu o Yesusku
Atas pengorbanan-Mu kepadaku
Tiada hari tanpa mengucap syukur, sebab kasih setia-Mu padaku
Biar bumi pun bergoyang, dan langit pun bergoncang. Ku ‘kan tetap setia, pegang teguh janji-Mu Tuhanku Biar gunung pun beranjak, dan badai pun menerjang, tetapi firman-Mu tetap kekal selama-lamanya.
π¨ IDE Aktivitas :
Anak diberikan koran/majalah. Minta anak cari dan tempel di karton iklan-iklan yang menurut anak bermanfaat dan iklan yang kurang bermanfaat bagi anak usia mereka. Tanyakan apa alasannya.
![]() |
| Salah satu hasil aktivitas Anak. |
Ambil Template Aktivitas.
πTugas Orangtua :
Mama, mengajak anak berbelanja ke Pasar Swalayan. Ketika anak memilih barang tertentu tanyakan apakah pilihan tersebut karena terpengaruh iklan? Apa alasannya memilih barang tersebut?

Comments
Post a Comment