π Tujuan :
1. Anak tahu Roh Kudus adalah utusan Allah Bapa.
2. Anak tahu keadaan murid-murid dan juga kita membutuhkan Penolong.
3. Anak mau tekun berdoa dalam menantikan Roh Kudus, Roh Penolong bekerja dalam hidupnya.
π Ayat hafalan :
2. Anak tahu keadaan murid-murid dan juga kita membutuhkan Penolong.
3. Anak mau tekun berdoa dalam menantikan Roh Kudus, Roh Penolong bekerja dalam hidupnya.
Yohanes 14:16
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.
π Bahan Cerita :
Yohanes 14:16; Kisah Para Rasul 1:1-14
Pendahuluan : Mengapa kita perlu Penolong? Pada saat kapan kita memerlukan Penolong? Kita perlu Penolong saat kita sedih, ada yang menghibur ; saat kita sulit mengendalikan diri, ada yang menolong kita mengendalikan diri. Siapakah Penolong itu? Penolong itu adalah Roh Kudus. Roh Kudus diutus Allah Bapa, sesungguhnya adalah salah satu oknum Allah Tritunggal. Roh Kudus disebut “Penolong yang lain” (Yohanes 14:16), karena sebelumnya Yesus adalah “Penolong” (1 Yohanes 2:1).
Empat puluh hari setelah kebangkitan Yesus …. inilah saat Yesus akan kembali ke sorga. Tuhan Yesus akan meninggalkan murid-muridNya. Ia tahu bahwa murid-murid membutuhkan ‘pengganti’ Tuhan Yesus. Waktu itu murid-murid dalam keadaan takut dan bingung, karena sebentar lagi Tuhan Yesus tidak akan bersama-sama dengan mereka. Murid-murid membutuhkan Penolong, yang dapat terus memimpin dan mengarahkan hidup mereka. Tuhan Yesus berjanji Roh Kudus akan turun dan pada saat itu murid-murid akan memiliki keberanian untuk memberitakan Injil. Murid-murid belum mengerti apa yang dikatakan Yesus. Namun, mereka dengan tekun berdoa menantikan hari yang dimaksud Tuhan Yesus, hari turunnya Roh Kudus.
Sama seperti murid-murid Yesus pada masa itu, kita pun membutuhkan Penolong dalam hidup kita. Penolong itu tidak kelihatan, namun selalu hadir dan menyertai, membimbing kita untuk melakukan Firman Tuhan. Penolong itu adalah Roh Kudus. Mari kita meneladani para murid untuk tekun berdoa menantikan Roh Kudus bekerja dalam hati kita.
Alat Peraga - Google Classrooom - Klik disini.
π£ Step by Step:
- Doa pembuka
- Puji-Pujian atau Persembahan Pujian dari Anak
- Pujian 1 Lagu sebelum Firman Tuhan
- Doa sebelum Firman Tuhan
- Baca Alkitab Ayat Hafalan
- Firman Tuhan
- Aktivitas Kelas
- Doa Makan
- Anak-anak makan bersama sedangkan Guru penanggungjawab mengisi buku perkembangan anak
- Nempel Stiker Absen
- Doa Pulang dan ditutup dengan lagu syukur "Bapa Terima Kasih"
Note: Untuk Doa dipimpin oleh anak. Biasanya ditentukan diawal kelas atau dijadwalkan.
πΌπΈ Lagu :
1 3 5 3 / 4 6 5 . / 4 5 4 3 1 / 2 2 1 .
Di hari Pentakosta, turun Roh Kudus ke dunia
1 3 5 3 / 4 6 5 . / 4 5 4 3 1 / 2 2 1 .
S’perti yang dijanjikan sebelum Yesus ke surga
4 4 5 6 4 / 3 3 4 5 3 / 2 2 2 #4 2 / 5 . . .
Roh Kuduslah yang mengajar kita mengerti FirmanNya
1 3 5 3 / 4 6 5 . / 4 5 4 3 1 / 2 2 1 .
Dengar dan ta-atilah, segala yang diajarkan
Whisper your prayer in the morning…
1 3 5 3 / 4 6 5 . / 4 5 4 3 1 / 2 2 1 .
Di hari Pentakosta, turun Roh Kudus ke dunia
1 3 5 3 / 4 6 5 . / 4 5 4 3 1 / 2 2 1 .
S’perti yang dijanjikan sebelum Yesus ke surga
4 4 5 6 4 / 3 3 4 5 3 / 2 2 2 #4 2 / 5 . . .
Roh Kuduslah yang mengajar kita mengerti FirmanNya
1 3 5 3 / 4 6 5 . / 4 5 4 3 1 / 2 2 1 .
Dengar dan ta-atilah, segala yang diajarkan
Whisper your prayer in the morning…
π¨ IDE Aktivitas :
Kelas Offline:
Aktivitas awal : Navigator game—anak ditutup matanya diarahkan ke suatu tujuan (menggambarkan walaupun Roh Kudus tidak kelihatan, Ia memimpin kita).
Aktivitas setelah cerita : Teman tekun berdoa—setiap anak mengambil nama temannya untuk dijadikan teman berdoa selama semester ini. Pokok doa disesuaikan dengan tujuan setiap minggu.


πTugas Orangtua :
Mama, bimbing anak mendoakan teman sekelas yang menjadi teman berdoa selama satu semester ini. Dalam minggu ini, mari berdoa agar teman tersebut dapat merasakan Roh Kudus bekerja dalam hatinya. Tuliskan bagaimana mama dan anak melakukannya!
Comments
Post a Comment