π Grow and Grow in:
1. Remaja mengerti arti pentingnya hikmat dalam kehidupan sehari-hari
2. Mendorong remaja untuk menggunakan kepandaian dan hikmatnya untuk kemuliaan nama Tuhan
π Prepare your BIBLE!Yakobus 1:5Daniel 1
Yakobus 1:5
Daniel 1
πΌπΈSing a Song:
Wisdom Song by Laura Woodly Osman
π Bahan Cerita
Daniel 1:4-20; 2:12-20; 6:4-5, 11; 10:3
Dengan KUALITAS sbb :
- Berusia antara 14-18 tahun
- Sehat/tidak ada cacat jasmani
- Berwajah menarik
- memahami berbagai hikmat/daya nalar baik
- berpengetahuan banyak /pandai
- mempunyai pengertian tentang ilmu/daya tangkap yang baik
- Sanggup menjalani pendidikan super berat selama 3 tahun.
Watch Video
Superbook - Job - Season 2 - Episode 8
Selain kualitas yang dituntut oleh pihak istana, Tuhan tambahkan Kepandaian lain/bakat, sehingga ia menjadi sepuluh kali lebih cerdas daripada semua kaum intelek istana.
Daniel 1:17, 20; 2:19.
1. Ahli ber-bagai” tulisan dan hikmat.
2. Ahli mimpi.
Sikap Daniel terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya :
Daniel 6:4______________________________________
Daniel 6:5________________________________________
(5) Setia, tidak ada didapati sesuatu kelalaian /kesalahan padanya.
(4) mempunyai ‘roh yang luar biasa’ melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja. (NIV: ’exceptional qualities’; BIS: ‘pekerjaan Daniel lebih baik’)
Sikap yang telah menjadi kebiasan akan membentuk KARAKTER
2 Karakter Daniel yang berbeda dengan orang” muda sejamannya
Daniel 1:8;10:3 ________________________________
Daniel 2:12-18; 6:11______________________________
1. Berketetapan menjaga kekudusan
2. Mempunyai kebiasaan berdoa kepada Allah
Karakter Daniel, sesuai dengan ciri-ciri orang berhikmat menurut Alkitab (lihat Session 1)
Hubungan Kepandaian, Hikmat, Sikap dan Karakter
πLET Discuss!
Hikmat adalah bagaimana menggunakan pengetahuan dengan benar.
Untuk sekadar memiliki pengetahuan, orang tidak harus bijaksana.
Orang bodoh adalah orang yang memiliki banyak pengetahuan tetapi tidak tahu bagaimana menggunakan pengetahuan atau kepandaiannya.”
Charles H Spurgeon
1. Bagaimana tanggapanmu?
100% SETUJU
2. Menurutmu, “pengetahuan/kepandaian” apa yang telah Tuhan berikan padamu? (bisa lebih dari satu)
3. Beri contoh kamu menggunakan “pengetahuan/kepandaian” itu untuk kemuliaan nama Tuhan! (di rumah, sekolah, gereja, DK)
4. Bagaimana kamu membangun ke-2 karakter Daniel tsb?
οΌTimotius 3:15
Ingatlah juga bahwa :
dari kecil engkau
sudah mengenal KITAB SUCI
yang dapat memberi hikmat kepadamu
dan
menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
πLet’s Prayer
- Meminta hikmat dari Tuhan agar dapat mengetahui kepandaian yang telah Tuhan berikan dan bisa menggunakan kepandaian itu untuk kemuliaan nama Tuhan.
- Bertekad memiliki karakter seperti Daniel!
π Alat PERAGA:
If any - Power Point Google Classroom
If any - Power Point Google Classroom
=================================================
Old Curriculum Book
Hot Videos!
Kitab-kitab hikmat dalam Alkitab
πSharing Time
- Apa yang kamu pelajari dari ketiga kitab di atas?
- Menurut kamu, apa kunci/rahasia kesuksesan seseorang?
- Bagaimana kita menggunakan kepandaian dan hikmat yang telah Tuhan berikan?
Setelah kita melihat 3 Kitab yang menggambarkan tentang HIKMAT, mari kita melihat seorang tokoh Alkitab yang hidup dalam hikmat Tuhan!
π⏳Questions and beyond!
1. Kualitas diri seperti apa yang dimiliki oleh Daniel dan kawan-kawannya?
(Daniel 1:4, 6) ____________________________________________________________________
2. Sebagai orang muda, dari manakah sumber hikmat dan kepandaian (pengetahuan) yang dimiliki Daniel dan kawan-kawannya?
(Daniel 1:17, 20; 2:19)_______________________________________________
3. a. Sebutkan 2 karakter Daniel yang membedakannya dengan orang-orang muda sezamannya!
Daniel 1:8; 10:3...............................
Daniel 2:12-18; 6:11............................
b. Apakah kedua karakter tersebut juga ada dalam hidup kamu sebagai orang-orang muda?
______________________________________________________________________
c. Bagaimana kita seharusnya menggunakan hikmat dan kepandaian (pengetahuan) tersebut?
4. Menurut kamu, dalam konteks zaman itu – apa tujuan Allah memberikan hikmat dan kepandaian kepada Daniel dan kawan-kawannya?
(Daniel 2:19-20)__________________________________________
5. a. Menurut kamu, apakah arti bahwa Daniel mempunyai ‘roh yang luar biasa’
(Daniel 6:4)?
(NIV: ‘exceptional qualities’; KIV: ‘excellent spirit’; BIS: ‘pekerjaan Daniel lebih baik’)
_________________________________________________________________________
b. Apakah ‘roh yang luar biasa’ (exceptional qualities, excellent spirit, sikap mengerjakan sesuatu pekerjaan/pelayanan dengan lebih baik) tersebut juga ada dalam hidupmu?
_________________________________________________________________________
6.a. Bagaimana sikap Daniel terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya? (Daniel 6:5)_________________________________
b. Lalu, bagaimana sikap kamu terhadap tugas/tanggung jawab/pelayanan di:
Rumah: _________________
Sekolah: ____________________
Gereja: ________________________
Domba Kristus: ________________________
π£πApplication
- Hikmat dan pengetahuan (kepandaian) berasal dari Tuhan dan pendidikan yang kita peroleh.
- Kita harus menggunakan hikmat dan pengetahuan (kepandaian) yang telah Tuhan berikan untuk kemuliaan nama Tuhan (misal: membantu orang lain yang membutuhkan; dll.)
ππ‘ What TO DO:
Bersyukur untuk hikmat dan kepandaian yang telah Tuhan berikan.
Bertekad untuk menggunakan hikmat dan kepandaian tersebut untuk kemuliaan nama Tuhan.
“Hikmat adalah bagaimana menggunakan pengetahuan dengan benar. Untuk sekadar memiliki pengetahuan, orang tidak harus bijaksana. Orang bodoh adalah orang yang memiliki banyak pengetahuan tetapi tidak tahu bagaimana menggunakan pengetahuan atau kepandaiannya.”Charles H. Spurgeon
“Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian. Amsal 2:6”
-Raja Salomo-
π π£ Fun and Activities:
Comments
Post a Comment