๐ Tujuan :
· Mengerti bagaimana proses Sepuluh Perintah Tuhan diberikan pada orang Israel
· Belajar menjalankan Sepuluh Perintah Tuhan dalam kehidupan kita
๐ Ayat hafalan :
Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firmanKu dan berpegang pada perjanjianKu, maka kamu akan menjadi harta kesayanganKu sendiri dari antara segala bangsa...
Keluaran 19:5
๐ ๐ฃAttention Grabber:
· Mengerti bagaimana proses Sepuluh Perintah Tuhan diberikan pada orang Israel
· Belajar menjalankan Sepuluh Perintah Tuhan dalam kehidupan kita
๐ Ayat hafalan :
Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firmanKu dan berpegang pada perjanjianKu, maka kamu akan menjadi harta kesayanganKu sendiri dari antara segala bangsa...
Keluaran 19:5
๐ ๐ฃAttention Grabber:
..................
๐ Bahan Cerita :
Fokus alkitab
Keluaran 20 : 1-17
Ringkasan cerita film
The Ten Commandments :
Orang Israel menjadi budak di Mesir bertahun-tahun. Kemudian Tuhan memanggil Musa menjadi pemimpin mereka untuk membawa mereka keluar dari Mesir. Untuk itu Musa harus menghadap Firaun, Raja di Mesir. Mula-mula Firaun tidak mengijinkan sampai akhirnya Tuhan memberi 10 tulah yang membuat Mesir menderita, barulah orang Israel dibebaskan.
Di Gunung Sinai Tuhan memberikan 10 Hukum-Nya melalui Musa untuk orang-orang Israel. Tuhan menyuruh Musa mengajarkannya pada orang Israel sehingga mereka sungguh mengerti dan mau melakukannya.
Setelah menonton film jawablah pertanyaan berikut ini :
C Untuk apa Tuhan membebaskan orang Israel dari perbudakan Mesir?
C Apakah sikap hidup orang Israel berbeda ketika mereka belum mendapat ”10 perintah” dengan setelah mereka mendapat ”10 perintah” itu?
C Tuhan memberikan ”10 Perintah Allah” pada semua umat-Nya, termasuk kita.
Berilah tanda V pada kolom yang kosong di bawah ini :
a. menganggap 10 perintah tidak penting (........)
b. tidak mau meminta kekuatan dari Tuhan (........)
c. malas (........)
d. tidak berani karena ada resikonya (........)
e. tidak suka mengikuti aturan apa pun (........)
f. tidak percaya 10 perintah sebagai hal yang baik (........)
g. tidak mengerti bagaimana melakukan perintah tsb (.........)
๐ Alat PERAGA:
...................................................
๐ฃ Step by Step:
๐ผ๐ธ Lagu :
Firman Tuhan ada di hatiku
Ada di langkahku, ada di hidupku
Dan terus bertumbuh sirami jiwaku
Berbuah, berbuah, berbuah, berbuah
Berbuah, berbuah, berbuah, berbuah
Hu u u u…
Ten Commandments (Joel Shank)
Firman Tuhan ada di hatiku
Ada di langkahku, ada di hidupku
Dan terus bertumbuh sirami jiwaku
Berbuah, berbuah, berbuah, berbuah
Berbuah, berbuah, berbuah, berbuah
Hu u u u…
Ten Commandments (Joel Shank)
๐จ IDE Aktivitas :
Menonton The Ten Commandments dan berdiskusi mengenai film tersebut.
GAMBAR Aktivitas:
Menonton The Ten Commandments dan berdiskusi mengenai film tersebut.
๐Proyek Ketaatan:
1. Tulislah Sepuluh Hukum Tuhan pada kedua “loh batu” di bawah ini.
2. Hukum mana yang sudah kamu lakukan dengan baik? Beri tanda J.
3. Hukum mana yang paling sulit kamu dilakukan? Beri tanda L.
๐Tugas Orangtua :
Mama, tanyakan pada anak hukum mana dari Sepuluh Hukum Tuhan yang paling sulit dilakukan oleh anak? Mengapa? Ceritakan juga pergumulan mama ketika melakukan Sepuluh Hukum Tuhan ! Setelah sharing, akhiri dengan doa bersama.
Comments
Post a Comment