π Tujuan :
Anak mengerti atribut gereja saat ini melambangkan beberapa atribut tabernakel pada masa Perjanjian Lama.
π Ayat hafalan :
Keluaran 25 : 8
Dan mereka harus membuat tempat kudus bagiKu, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.
π π£Attention Grabber:
Keluaran 25 : 8
Dan mereka harus membuat tempat kudus bagiKu, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.
π π£Attention Grabber:
π Bahan Cerita :
Penjelasan dari Pendeta dari Gereja yang dikunjungi.π Alat PERAGA:
π£ Step by Step:
- Mengelilingi Gereja dan kemudian duduk di ruang Gereja.
- Pendeta mengajak berdoa pembuka
Pendeta menjelaskan Atribut gereja saat ini dibandingan dengan Tabernakel masa Perjanjian Lama.
misalkan:
Mimbar merefelsikan ruangan maha Kudus. Oleh karena itu hanya hamba Tuhan saja yang boleh menyampaikan Firman.
Kantong persembahan vs. Mezbah.
Pelataran itu tempat jemaat duduk.
Alat-alat perjamuan Kudus.
Fungsi, Nabi, Imam, Rasul.
- Doa pulang.
- Memberikan apresiasi kepada Gereja.
πΌπΈ Lagu :
π¨ IDE Aktivitas :
Kunjungan ke gereja dan mengamati atribut-atribut yang ada di gereja - melambangkan beberapa Atribut dalam Tabernakel.Mama, bacalah artikel terlampir (Keys to Success-terjemahan bebas dari “Spiritual Growth of Children” halaman 144-145)!
Ide mana yang akan diterapkan kepada anak?
Keys to Success
Banyak cara yang dapat dilakukan orangtua agar anak-anak mendapatkan manfaat maksimal di sekolah minggu atau sekolah injil liburan anak. Beberapa usulan dijelaskan di bawah ini :
1. Berdoa bersama
Bantulah anak untuk membangun kesadaran bahwa Tuhan akan mengajar mereka melalui sekolah minggu, dengan berdoa bersama dengan anak selama perjalanan menuju gereja. Berdoalah sebagai berikut, “Tuhan, tolong kami hari ini untuk belajar lebih dalam lagi tentang Engkau, bertumbuh semakin dekat dengan Engkau, dan beri kekuatan bagi kami dan sesama kami untuk melakukan kehendakMu.”
2. Tindak lanjut
Setelah ibadah atau sekolah injil liburan selesai, tanyakan pada anak apa yang telah mereka pelajari. Lihat catatan yang dibawa pulang anak. Sebelumnya tanyakan dulu pada guru, bahan apa yang akan dipelajari, dan cari tahu topik apa yang akan dibahas dan ayat hafalan mana yang akan diberikan. Ambil waktu dalam seminggu, untuk membahas catatan sekolah minggu, ayat hafalan, cerita Alkitab, dan review. Hal yang tidak akan memakan waktu yang lama. Lakukan hal ini sebagai aktivitas istimewa sebelum tidur di malam Minggu.
3. Bersikap sabar pada anak di gereja
Jika anak masih kecil, duduk bersama orangtua di gereja mungkin tidak nyaman, terutama saat ibadah berlangsung. Beberapa gereja menyediakan bacaan khusus untuk anak dengan aktivitas sederhana. Jika gereja tidak menyediakannya, bawalah buku mewarnai atau buku aktivitas untuk anak yang dapat digunakan ketika anak tidak nyaman. Atau bawalah buku cerita Alkitab bergambar untuk anak, dan bukalah saat pembacaan Alkitab.
4. Ambil bagian
Untuk orangtua yang masih kecil, yang sedang mencari gereja, salah satu cara terbaik adalah duduk di kelas sekolah minggu, dan melihat apa yang dipelajari, bagaimana suasananya, dan bagaimana anak-anak diperlakukan. Lebih baik lagi, ambillah bagian dengan mengajar sekolah minggu. Jika orangtua sudah memilih gereja, namun kurang menyukai sekolah minggu yang ada di gereja tersebut, ambillah bagian dan berikan bantuan. Mengambil bagian tidak selalu harus menjadi guru. Orangtua dapat menjadi pengarah sekolah minggu, memimpin permainan atau menyanyi, atau membantu mengerjakan aktivitas/ketrampilan. Jangan menyalahkan apa yang terjadi di gereja, tapi masuk dan bantulah!
5. Ucapkan terima kasih
Beberapa sukarelawan pekerja di gereja, bekerja dengan sekuat tenaga, namun kurang dihargai. Buatlah suatu waktu untuk menyatakan terima kasih dan memberi semangat pada guru-guru sekolah minggu, dan ajarkan anak melakukan hal tersebut. Misalnya dengan memberikan kartu ucapan terima kasih dan hadiah kecil di akhir semester dan di hari khusus lainnya, seperti Natal dan ulangtahun.
Comments
Post a Comment