Skip to main content

Minggu 4 - Tuhan menciptakan segala sesuatu untuk dipelihara dan dikuasai mahkota ciptaanNya - Aku Mahkota Ciptaan Allah

πŸ‘ Tujuan :
1. Anak memahami bahwa manusia adalah image of God sehingga memiliki kekudusan, kebenaran
dan pengetahuan
2. Anak memahami bahwa Tuhan memberi kuasa pada manusia untuk berkuasa atas ciptaan lainnya

 πŸ“– Ayat hafalan :

Mazmur 8 : 10
Ya Tuhan, Tuhan kami, betapa mulianya namaMu di seluruh bumi!


🌈 πŸ“£Attention Grabber:
................................................................

πŸ“š Bahan Cerita :

Kejadian 1:26-31, 2:7, 15-20
Pada waktu Tuhan menciptakan manusia, Tuhan berpikir, Tuhan mau menciptakan manusia menjadi serupa dan segambar dengan-Nya. Serupa dan segambar dengan Tuhan artinya manusia diciptakan       dengan sifat-sifat seperti Tuhan : punya kuasa, punya kemampuan berpikir, dapat memilih hidup benar dan kudus, punya kemampuan untuk menguasai pengetahuan.
Tuhan menjadikan manusia seperti yang dipikirkan Tuhan : segambar dan serupa dengan Tuhan.             Tuhan membentuk manusia dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya. Demikianlah manusia itu menjadi hidup.
Lalu Tuhan berfirman pada manusia : “Berkuasalah atas ikan-ikan, burung-burung dan segala binatang!” Tuhan juga memberi tugas kepada manusia pertama (Adam) untuk memberi nama setiap binatang yang Tuhan ciptakan. Adam memberi nama segala ternak, burung-burung di udara dan segala binayang di hutan. Betapa istimewanya manusia! Berbeda dari ciptaan Tuhan lainnya, bahkan Tuhan memberi kuasa pada manusia untuk berkuasa atas ciptaan lainnya.


 πŸ“ Alat PERAGA:

πŸ‘£ Step by Step:

- Anak-anak dikumpulkan untuk bercerita dahulu seperti kegiatan di Sekolah, di Rumah. 
- Kelas dimulai jam 16.15
- Pujian 1 Lagu untuk mempersiapkan anak masuk dalam kelas
- Doa pembuka
- Puji-Pujian atau Persembahan Pujian dari Anak
- Pujian 1 Lagu sebelum Firman Tuhan
- Doa sebelum Firman Tuhan
- Baca Alkitab Ayat Hafalan
- Firman Tuhan
- Aktivitas Kelas
- Doa Makan
- Anak-anak makan bersama sedangkan Guru penanggungjawab mengisi buku perkembangan anak
- Nempel Stiker Absen
- Doa Pulang dan ditutup dengan lagu syukur "Bapa Terima Kasih"

Note: Untuk Doa dipimpin oleh anak. Biasanya ditentukan diawal kelas atau dijadwalkan.

🎼🎸 Lagu :

Akulah mahkota ciptaan Tuhan
Segambar denganNya,
serupa denganNya
Akulah mahkota ciptaan Tuhan
“Amat baik,” kata Tuhan
Kubisa doa, baca Alkitab
dan hidup taati Firman Tuhan
Akalku hebat, ‘tuk berkuasa
dan pelihara ciptaan Tuhan

(upload Youtube)

🚨  IDE Aktivitas :

Menonton film “You Are the Masterpiece”



Guru tekankan pada anak bahwa setiap anak diciptakan sempurna dan Tuhan sayang semua anak.


πŸ†Tugas Orangtua :
Papa,adakan waktu teduh bersama keluarga, untuk membahas “Hanya debu tanah?” (bahan terlampir). Mama, tolong siapkan ID Card  untuk seluruh anggota keluarga dan digunakan selama waktu teduh - seperti lampiran.
Bagaimana respon anak terhadap penjelasan manusia sebagai “image of God”?



Comments