πTujuan :
1. Anak memahami bahwa
Allah Bapa adalah
Allah yang besar, maha kuasa,
yang telah menciptakan alam semesta dengan kuasaNya.
2. Anak bersyukur bahwa kita boleh memanggil dengan sapaan Bapa
3. Anak sadar bahwa walaupun kita boleh menyapa dengan sapaan Bapa, anak tetap harus bersikap hormat
π Ayat hafalan :
Matius 6:9-10
Bapa kami yang di Surga, dikuduskanlah namaMu, datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di Surga
Yohanes 1 : 12
Tetapi semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya
π¨ Latar belakang pengajaran :
...........................................................
π π£ Attention Grabber :
Siapkan binatang hidup
yang dapat dibawa masuk ke kelas, misalnya ikan dalam wadah kecil atau kura-kura. Dapat juga disiapkan pojok taman kecil. Bicarakan dengan anak betapa luar biasanya ciptaan Tuhan.
πTujuan :
1. Anak memahami bahwa
Allah Bapa adalah
Allah yang besar, maha kuasa,
yang telah menciptakan alam semesta dengan kuasaNya.
2. Anak bersyukur bahwa kita boleh memanggil dengan sapaan Bapa
3. Anak sadar bahwa walaupun kita boleh menyapa dengan sapaan Bapa, anak tetap harus bersikap hormat
π Ayat hafalan :
Matius 6:9-10
Bapa kami yang di Surga, dikuduskanlah namaMu, datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di Surga
Yohanes 1 : 12
Tetapi semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya
π¨ Latar belakang pengajaran :
...........................................................
π π£ Attention Grabber :
π Bahan Cerita :
Kisah Penciptaan (Kejadian 1:1-31) - Menonton Film "The Power in Plants" dari Moody Institute
Menonton dan berdiskusi tentang cuplikan Film tentang alam ciptaan Tuhan, misalnya film Earth (2007). Link : https://www.youtube.com/watch?v=43TLOX_0XAI
π Alat Peraga :
Alat Peraga, Klik disini.
π£ Step by Step :
Ajak anak menikmati alam ciptaan Tuhan (dengan taman kecil ciptaan Tuhan),
perbincangkan apa
yang mereka pikirkan jika menikmati alam? Dapat juga menanyakan kepada anak-anak, urutan penciptaan, bagaimana Tuhan menciptakan alam semesta ini?
(Referensi Alkitab :
Kejadian
1: 1-31). Kemudian masuk menonton
film The Power in Plants. Dalam film itu dijelaskan bahwa bahkan tumbuh-tumbuhan
pun menyaksikan kebesaran
Allah. Tidak ada
yang dapat mengatur pertumbuhan tumbuh-tumbuhan itu selain Tuhan.
Jika waktu masih memungkinkan, teruskan menonton
film tersebut, tentang
Small World. Tuhan yang maha kuasa juga menciptakan binatang-binatang kecil,
yang bahkan tidak dapat terlihat dengan mata biasa.
Tutuplah cerita/penjelasan dengan lagu
This is my father's world. πΌπΈ Lagu :
1.Bapa, kudatang padaMu, naikkan ucapan syukur,
atas kasih anugrahMu
yang indah setiap hari.
Tak hentinya mengucap syukur atas kebaikanMu
2.This
is my Father's world, and to my listening ears.
All
nature sings and round me rings, the music of the spheres.
This
is my Father's world, I rest me in the thought.
Of
rocks and trees, of skies and seas; His hand the wonders wrought
This
is my Father's world, the birds their carols raise.
The
morning light, the lily white, declare their Maker's praise.
This
is my Father's world, He shine in all that's fair.
In
the rustling grass, I hear Him pass, He speaks to me everywhere.
π¨ IDE Aktivitas :
Membuat (meniru) bentuk ciptaan Tuhan dengan cap jari. Percakapkan betapa hebat dan maha kuasa Allah yang menciptakannya. Bagaimana mungkin kita tidak mengaguminya. Percakapkan juga Allah yang besar itu dapat kita panggil Bapa. Allah yang maha kuasa itu kita panggil Bapa dengan sikap yang hormat.
(Sediakan kertas gambar A4, jepitan kertas, tali panjang, cat warna-warni dalam tempat cat, kertas koran - untuk tatakan menggambar)
PS. Minggu yang akan datang, harap membawa foto anak dan papa dalam suasana gembira, misalnya saat main atau liburan - untuk ditempelkan di gambar anak-anak
πTugas Orangtua :
Papa, buatlah altar keluarga dari Devotions for Kids vol. 2, Dec 19th "Hail to The Chief"